Bunga Lawang

EKSTRAK BUNGA LAWANG RAHASIA AWET MUDA

Apakah anda mengetahui apa itu Bunga Lawang ?? Mungkin bagi beberapa orang nama bunga lawang ini masih terdengar asing. Bunga Lawang memiliki nama ilmiah Illicium verum, dan dikenal dengan beberapa nama populer seperti Star Anise, Kembang Pekak, Ba Jiao/ Bat Gok (delapan tanduk). Nama bunga Lawang berasal dari Tiongkok Ba Jiao/ Bat Gok (delapan tanduk), karena bentuknya yang mirip dengan bintang jadi tidaklah aneh kalau namanya seperti itu. Bunga Lawang adalah sejenis rempah yang banyak digunakan dalam masakan Melayu dan mempunyai bau khas yang kuat dan memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Selain itu bunga lawang juga dapat diolah menjadi jamu, kosmetik herbal alami ataupun minuman kesehatan.

Salah satu manfaat yang sangat baik dari bunga lawang adalah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Sejak dahulu bunga lawang dimanfaatkan untuk menjaga kulit kita tetap bersinar karena mengandung anethol yang dapat membuat kulit tetap sehat dan segar. Selain itu, minyak dari bunga lawang juga berfungsi sebagai detoks atau pengeluaran toksin dalam tubuh.

Minyak ini bisa digunakan sebagai obat karena bersifat antispasmodic, antiseptik, obat penenang, sebagai stimulan pencernaan dan sifat-sifatnya. Mengonsumsi minyak adas bunga lawang juga berfungsi detoksifikasi pada tubuh. Linalool dalam bunga lawang bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini termasuk kerusakan pada kulit.

Kerusakan sel ataupun jaringan kulit disebabkan karena adanya radikal bebas dalam tubuh kita. Senyawa radikal bebas aka berinteraksi dengan sel kemudian terjadi reaksi osidasi yang berujung pada kerusakan sel. Jika jumlah radikal bebas terus meningkat maka akan timbul gejala gejala kerusakan sel seperti penuaan dini dan apabila semakin parah maka dapat merusak DNA sel dan menjadi pencetus penyakit kanker. Kita tidak bisa benar-benar menghindari radikal bebas, yang merupakan hasil sampingan dari proses metabolisme tubuh, namun kita dapat menetralisirnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Sehingga untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kita perlu mengkonsumsi banyak senyawa antioksidan dan salah satu tanaman herbal yang kaya akan antioksida adalah Bunga Lawang (Illicium verum).

Penelitian di India melakukan riset terhadap hewan coba untuk menentukan apakah sifat antioksidan bunga lawang membantu melindungi tikus laboratorium dari kanker hati. Dalam edisi 2007 “Chemico-Biological Interactions,” para peneliti melaporkan bahwa hewan coba yang diberi makan Ekstrak Bunga Lawang setelah induksi karsinogenesis menunjukkan bukti perkembangan kanker yang jauh lebih sedikit daripada yang tidak mengkonsumsi.
Selain itu Bunga Lawang juga mengandung senyawa populer di bidang kesehatan yaitu Asam Shikimat (Shikimic Acid). Shikimic Acid merupakan salah satu senyawa dalam bunga lawang yang digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan antiflu (influenza), tamiflu dan bahan pembuatan obat antiflu burung. Jadi penggunaan Ekstrak Bunga Lawang dalam sediaan kosmetik akan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit serta bisa sebagai pelindung dari infeksi ataus serangan virus dan bakteri.

Close Menu